Tips 15 Hidup Bahagia

1.Bersyukur Apabila Mendapat Nikmat
Allah SWT pasti akan menambah nikmat pada kita andai kita pandai bersyukur. Dan ingat satu hal , Allah maha pemberi rejeki. Ketika kita banyak mengucap syukur, Insya Allah rejeki akan semakin terbuka dari berbagai arah, karena Allah Maha Kaya dan Maha Pemberi Nikmat.2. Tawakal Apabila Mempunyai Rencana/Program.
Tidak ada sesuatu di muka bumi ini yang bisa instant terjadi . ketika kita punya suatu rencana, istiqomah wajib jadi pegangan kita.suatu pekerjaan yang istiqomah dilakukan ,suatu saat kelak pasti akan membuahkan hasil. Dan allah maha tahu yang terbaik kapan program kita akan dapat berjalan sesuai dengan impian kita.
3. Jangan menyesal atas sesuatu kegagalan.
Gagal bukan berarti segala-galanya. Tapi awal menuju sukses. Ketika gagal mendera ,jangan terpuruk. Namun segeralah bangkit untuk mencari jalan yang lebih baik dari sebelumnya.allah maha menatap segala ikhtiar kita dan tahu apa yang terbaik untuk kita.

4. Jangan putus asa dalam menghadapi kesulitan
.
Dalam al-Qur’an jelas tertera setelah kesulitan pasti ada kemudahan. Jadi apa yang perlu kita takutkan? Janji Allah SWT sudah pasti! Yakinlah, jalan indah akan terbuka lebar setelah kita melewati masa-masa penuh ujian.

5. Jangan sombong kalau sudah memperoleh kesuksesan
.
Ingat, Allah bisa sewaktu-waktu mencabut semua nikmat yang Allah SWT berikan, termasuk sukses yang sedang kita rasakan andai kita lupa akan Sang Pemberi nikmat. Sukses yang kita raih bukan karena kehebatan kita, tapi karena kemurahan Allah SWT.
6. Jangan ambisius akan sesuatu kedudukan.
Ambisi yang bertlebihan hanya membuat batin kita menjadi lelah. Apalagi kalau sudah berfikir akan menghalalkan berbagai macam cara untuk meraihnya. Lakukan segalanya dengan cara yang baik dan lurus.

7. Jangan campuri harta kita dengan harta haram.
Harta haram tidak akan membuat hidup kita bahagia karena jauh dari ridha Allah SWT. Lebih baik sedikit tapi berkah dari pada banyak tapi tidak barokah!
8. Jangan biasakan melakukan dosa-dosa kecil.
Jika kita terbiasa dengan dosa kecil, dosa besar akan mudah kita lakukan. Jika hidup kita sudah berkubang dosa, ketentraman tidak akan pernah ada. Jadi, pintu sukses akan jauh dari genggaman kita.
9. Jangan ada rasa takut kecuali hanya kepada Allah SWT.
Allah swt pemilik kehidupan, maha menggenggam segalanya. Hanya pada allah–lah segala rasa takut kita tercurah. Ketika kita akan mengerjakan sesuatu, lakukan dengan sungguh-sungguh dan hanya bersandar pada allah swt semata.
10.cintailah seseorang dengan tidak berlebih-lebihan.
Cinta sejati dan hakiki hanya untuk allah swt,karena allah tidak pernah meninggalkan kita. Manusia bisa berkhiatan dan meninggalkan kita sewaktu – waktu . saat kita mencintai manusia dengan berlebih-lebihan, yakinlah suatu saat hanya kecewa yang kita dapatkan.
11. Ingat,dunia hanya sementara!Dengan mengingat hal ini,tidak akan ada rasa tamak dalam hidup kita yang membuat batin kita Lelah. sadari bahwa hidup ini hanya sesaat, sehingga kita harus manfaatkan dengan sebaik-baiknya.
12. tahajud, berdoa,istighfar dan baca al-Qur’an.Bangun tengah malam, mengadu pada allah swt akan segala permasalahan kita, istihfar dan ditutup denhgan membaca al qur’an insya allah akan membuat hidup kita menjadi lebih tenang dan bahagia. Tak lupa keyakinan pada allah swt, bahwa allah maha mendengar doa-doa kita.tiada yang perlu kita takutkan lagi dalam hidup ini.
13. Maafkan orang lain !
Walau orang lain sudah berbuat salah pada kita , jangan biarkan hati kita berkeras untuk tidak mau memaafkannya. Allah swt yang maha sempurna saja selalu memaafkan semua kesalahan hamba-hambaNYA. Kenpa kita mahluk yang lemah harus sombong dengan tidak mau memaafkan kesalahan orang lain ???
14. Jangan benci pada orang yang membenci kita.Benci pada orang lain hanya akan membakar hati , membuat hidup kita tidak tenang . tiada satu pun manusia yang sempurna di dunia ini. Andai mereka / orang-orang di sekitar kita punya sikap yang kurang baik ,jangan benci mereka.
15. Lihat orang yang lebih miskin dari pada kita.
Dengan melihat ke bawah , menatap orang –orang yang jauh kurang beruntung hidupnya di banding kita, akan mebuat hati kita senantiasa bersyukur dan bahagia. Tapi kalau kita hanya melihat orang-orang yang lebih kaya dari kita , jika kita tidak bisa mengendalikan diri yang ada hanya iri hati!
About

ordinary guys, trying to share simples stuff.. visit me at www.priatama.net

Posted in Bahagia, Islam, Shodaqoh, Tips

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: