Hari kedua belajar menyetir mobil



Pada hari kedua ini saya belajar beberapa tambahan materi teori dan praktek langsung tentunya. Pelajaran utamanya adalah cara manjaga jarak yang pas untuk mendahului atau menghindari tabrakan dengan lawan selain itu juga diajari cara mengendalikan laju kendaraan baik itu memperlambat dan mempercepat ketika di jalan raya. Sedangkan review pelajaran kemarin adalah melancarkan proses jalan, berhenti, dan mengendalikan arah laju kendaraan.

Secara teori saya dijelaskan bahwa yang paling penting ketika di jalan adalah kemampuan kita melihat, melihat jarak atau sisa jalan yang bisa kita lewati dan melihat bagaimana laju kendaraan kita terhadap lebar jalan yang ada. Kalo kita menyetir mobil maka yang harus diperhatikan adalah pandangan lurus ke depan dengan prosentase pandangan ke sisi jalan sebelah kiri adalah 60% dan sebelah kanan 40%. Hal ini karena pada sisi kiri merupakan sisi dimana kita berada dan biasanya di sisi kiri lebih banyak hambatan seperti kendaraan parkir, becak, pejalan kaki dan kendaraan yang lain. Cara memandang yang baik adalah melihat sisi tepi aspal dari yang paling dekat/ujung mobil kita hingga lurus ke depan dan sama halnya juga pada sisi kanan dilihat dari tepi kanan aspal dekat mobil hingga jauh kedepan. Kita harus bisa merasakan bagaimanakah lajunya mobil, apakah lurus, serong atau berbelok dan posisi dari tepi apakah lurus, jarak terlalu dekat atau arahnya terlalu mengarah ke kendaraan/benda lain di depan alias potensi nabrak.

selanjutnya muter-muter.. belajar belok tapi gag sukses..

About

ordinary guys, trying to share simples stuff.. visit me at www.priatama.net

Posted in belajar nyetir, Cerita
2 comments on “Hari kedua belajar menyetir mobil
  1. budisa says:

    Ceritanya bagus lho. Aku juga lagi belajar nih. Memang semuanya perlu proses. Kutunggu belajar stir hari ketiga dst.budi setya adhiemail : budi_sa@undip.ac.id

  2. Anonymous says:

    arif:iya, kamu pandai bercerita. sepertinya ada bakat sebagai penulis. salut buat kamu. OK, aku tunggu cerita hari ketiganya ya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: