hari hari awal di Ohio University

Hari ini adalah hari ke 6 ku meninggalkan Indonesia, dan hari ke 4 menjalani aktivitas di Athens, Ohio. Alhamdulillah semua masih berjalan dengan baik, lancar dan tidak ada hambatan yang berarti.
Kesan saat ini yang ada dalam pikiranku tentang orang-orang di OU (Ohio University) sebagian besar adalah orang yang ramah, pekerja keras dalam pelajaran / kuliah dan hobi berpesta di weekend.. mungkin itulah salah satu alasan bahwa weekend adalah hari yang harus dimanfaatkan sepenuhnya untuk menyenangkan diri.

Sedikit cerita menarik, kami harus benar-benar bisa menyesuaikan diri di sini. Di sini kemampuan adaptasi kita dicoba, mulai dari hal yang kecil seperti say hello, mengucapkan thank you, sorry, excuse me, how are you, dll, hingga tentang bagaimana menyiasati agar bisa melaksanakan sholat dengan “sedikit” lebih nyaman karena kita tidak akan menemui tempat sholat (musholla) kecil di setiap fakultas. Dan termasuk hal yang luar biasa bahwa Athens, memiliki Islamic Center di OU, dengan pengelolaan Muslim Student Association (MSA). Namun bagi kami yang jadwal kelas yang agak padat dan untuk pergi ke IC memelukan waktu yang tidak sedikit kami harus mencari tempat sholat yang bisa lebih efisien waktu. Tempat sholat bisa “dimana-mana” asalkan bersih, diperkirakan suci, dan tidak menggangu orang lain. nah mungkin ini adalah salah satu perbedaan di indo dan di sini, kalo di Indo, sedapat mungkin kita tidak boleh menggangu aktifitas orang sholat dan sudah ada musholla-musholla kecil di tiap-tiap fakultas, Jurusan atau program studi, sedangkan disini, kita harus mencari tempat untuk sholat dengan tidak menggangu aktifitas normal orang lain. Begitu juga tentang wudhu, kalo di Indo, kita dengan bebas bisa membasahi lantai kamar mandi dengan “semau kita”, namun di sini kamar mandi yang bersih adalah kamar mandi yang lantainya kering!! dan tidak ada air yang “belepotan” keman-mana.. jadi harus ekstra hati-hati kalo mo wudhu di kamar mandi umum, pastikan tidak ada air yang tumpah ke lantai dan membuat lantai menjadi basah, kalo tidak..? you are gonna be in trouble!😦

Cuaca di Athens, semakin lama terasa semakin dingin, katanya roommate ku sih, akan jauh semakin dingin karena fall season udah masuk dan akan segera masuk pertengahan fall. Malam hari, saat kami selesai mengerjakan PR dari Perpus, kami disambut oleh udara dingin di luar sana, sedangkan pagi hari saat kami berangkat masuk kelas.. jauh lebih dingin.. ya..tampaknya semakin lama jaket dan beju hangat akan semakin berguna..

selain tentang kebiasaan kecil, cuaca, dan penyesuaian diri kami juga menemui hal yang menarik saat di kelas. Kesan dari luar saat kita melihat gedung-gedung di OU keliatan sangat tua.. meskipun benar memang bahwa beberapa gedung di Ou sudah berusia hampir 200 tahun!
tapi di dalam gedung, kita akan menemui berbagi fasilitas modern dan suasana kelas yang sangat nyaman. laboratorium dengan komputer Mac terbaru dari Apple computer, AC yang dingin (bahkan bagi kami orang Indonesia yang baru dateng.. AC-nya duingin banget…)

It just different, bergantung bagaimana kita menyiasati dan menyesuakan diri.

tentang makanan… ku ceritakan nanti..

About

ordinary guys, trying to share simples stuff.. visit me at www.priatama.net

Posted in Athens, Cerita, IELSP, Ohio University, OPIE

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: