Pemandian Patemon Tanggul – Jember

Haa… saat ditunggu pada hari minggu untukku adalah berenang. Meskipun bukan ahli renang apalagi atlet renang, paling tidak aku punya keberanian untuk sekedar “nyemplung”, “ngambang” dan bergerak di air.. maksudnya berenang,…

hanya ada dua gaya utama yang benar benar saya kuasai yaitu gaya batu dan gaya dada.. bukan berarti gaya dada yang beneran, tapi ketika masuk ke air langsung bilang da-da.. saya tenggelam dulu ya.. tersisa tangan menggapai-gapai di atas permukaan air bagaikan sedang da-da.. he..
Seriusnya, saya hanya bisa gaya katak dan bebas, masih terus belajar untuk menyempurnakannya dan belajar yang lain.

Sesuai dengan judul, hampir setiap minggu pagi agenda saya adalah berenang di Pemandian Patemon Tanggul, yang relatif dekat dengan rumah saya. Disebut pemandian, sebenarnya merupakan tempat wisata buatan berupa kolam yang ukuran dan dalamnya bervariasi. Saat saya masih kecil, hanya ada tiga kolam utama di sini. Yaitu kolam nomor 1 dengan kedalaman kira-kira 4-6 meter (dalem euy.. seru buat loncat dari atas..), kolam nomor dua dengan kedalaman 100cm – 130 cm dan kolam nomor 3 dengan kedalaman 50-100 cm. Ketiga kolam ini yang merupakan “guru” berenangku.. namun sebenarnya aku bisa berenang pas sering mendengarkan instruksi pelatih renang di Kolam Kebonagung Jember. he..he..
Saat ini, di Patemon ada satu kolam khusus untuk anak-anak dan ada satu kubangan besar di pojok, sebagai tempat bebek-bebekan.. alias sepeda air.. kenapa saya sebut kubangan, ya karena lebih mirip nampak dari pinggir seperti kubangan untuk kuda nil atau kerbau yang berukuran buesar.. he..

Ini gambar, Pemandian Patemon tampak dari Atas, diambil dari Google Earth kira-kira dari ketinggian 540 meter dari permukaan.

Yang paling saya sukai dari kolam renang ini dibandingkan dengan kolam lain yang ada di Jember, adalah airnya yang masih benar-benar bersih, langsung dari sumbernya.. benar-benar fresh! dibandingkan kolam lain yang menggunakan bahan kimia untuk menjernihkan air. Ada satu sumber utama yang menyuplai air untuk kolam renang ini, menurut saya, apabila debit air sumber ini menurun dan bahkan habis (semoga tidak!!) merupakan salah satu indikator penting kerusakan lingkungan di sekitar wilayah tersebut. Namun harapannya, semoga tetap eksis hingga nanti.. Amien..

Berikut data dari Pemkab Jember mengenai tempat wisata ini:
emandian Patemon termasuk jenis wisata Buatan terletak di Desa manggisan Kecamatan Tanggul dengan jarak + 35 Km ke arah Barat dari Kota Jember, dengan luas areal 4,5 Ha, berada pada ketinggian ± 500 m/dpl dengan suhu udata antara 28 – 340 C. Keindahan panorama dan kesejukan air kolam pemandian Patemon memang benar–benar mempesona mengingat kolam pemandian peninggalan Belanda ini berasal dari mata air lereng Pegunungan Argopuro.

• DAYA TARIK ATRAKSI WISATA
– PANORAMA ALAM
Di lokasi Obyek Wisata Patemon dapat dinikmati keindahan dan kesejukan alam dengan didukung adanya pohon – pohon rindang dan taman – taman bunga yang tertata rapi, menjadikan wisata patemon sangat menarik untuk dikunjungi
– KOLAM RENANG
Di Obyek Wisata Patemon dapat dinikmati oleh wisatawan adanya kegiatan renang pada kolam renang yang tersedia (dua unit kolam renang yaitu untuk orang dewasa dan anak-anak)
– DANAU BUATAN DAN BECAK AIR
Di Obyek Wisata Patemon dapat dinikmati oleh wisatawan bersama keluarga naik becak air dengan mengelilingi danau buatan dan menikmati indahnya alam sekitar.
– SUMBER MATA AIR MANGGISAN
Pemandian Patemon merupakan Obyek wisata yang dalam kesehariannya memanfaatkan Sumber Mata Air Manggisan yang debitnya cukup besar yaitu sekitar 185 l/detik. Dan di dalam lokasi terdapat sungai sebagai tempat penampungan dengan debit rata – rata 85 l/detik dan bangunan penampungan dari sumbermata air dibangun sejak jaman Belanda.
– PEKAN RAYA HARI IDUL FITRI
Diselenggarakan pada saat lebaran dimulai dari tanggal 1 s/d 10 Syawal yang diisi dengan kegiatan acara hiburan bagi masyarakat.

• FASILITAS
1. Kolam Renang
2. Kantor Informasi/UPTD
3. Toilet dan Kamar Ganti Pakaian serta Tempat Bilas
4. Tempat Areal Parkir
5. Playground
6. Musholla
7. Pos Jaga
8. Telepon Umum
9. Jalan Beraspal
10. Sumber Mata Air
11. Gazebo

• TRANSPORTASI
Lokasi Obyek Wisata Pemandian Patemon sangat strategis yang berada di jalur utama dari Surabaya ke kota Jember sehingga dapat dilalui berbagai jenis kendaran angkutan umum ataupun kendaraan pribadi dan wisatawan tidak mengalami kesulitan.

• PEMILIK/PENGELOLA
PEMERINTAH KABUPATEN JEMBER
UPTD PATEMON – JL SELANDI A BARU 53 TANGGUL JEMBER
Sumber: http://www.pemkabjember.go.id/v2/petawisata/patemon.php

yang saya suka: Teriak lepas saat loncat..

AAAAAaaaaa.aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa.. BYURRR!!!!!!

About these ads
About

ordinary guys, trying to share simples stuff.. visit me at www.priatama.net

Posted in Cerita, Jalan-jalan, Wisata
One comment on “Pemandian Patemon Tanggul – Jember
  1. hanssolo says:

    Wahhhh…Enak ya kamu masih bisa menikmati kenyamanan kota kecil Tanggul. Aku waktu kecil sampai SMA suka banget tinggal di Tanggul….Sekarang aku dah kerja dan tinggal di Surabaya, yang tidak senyaman kehidupanku waktu kecil di Tanggul yang biar pun agak panas tapi gak terlalu sumpek. Selamat bersenang-senang ya!!! (Hans, Surabaya)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: